You are here

Email Kapasitas Besar @domainkomunitas, @domainperusahaan dll

Walaupun anda tidak memiliki nama domain dan hosting di Rumah Ilmu Indonesia, tapi anda tetap dapat memanfaatkan layanan Zimbra Collaboration Suite di Rumah Ilmu Indonesia. Untuk versi komunitas, setelah melakukan setting yang diperlukan, anda dapat mengakses email anda via https://mailbox.rumahilmu.or.id -

Apa yang Harus kami lakukan agar bisa memanfaatkan layanan ZCS Rumah Ilmu Indonesia ?

Yang ada perlu lakukan adalah mengarahkan MX Entries di DNS domain anda ke Rumah Ilmu Indonesia

MX Entries yang bisa anda gunakan adalah :

  • rb-mta01.rumahilmu.or.id
  • pr-mta02.rumahilmu.or.id

Jika anda menggunakan cPanel dapat memanfaatkan Editor MX Entries seperti tampak pada contoh gambar berikut : (Klik untuk memperbesar gambar)

 

Disarankan juga anda memasang SPF di DNS anda dengan format :

  • "v=spf1 mx:rb-mta01.rumahilmu.or.id -all"
  • "v=spf1 mx:pr-mta02.rumahilmu.or.id -all"

Tampilannya tampak seperti contoh berikut : (Klik Gambar untuk Memperbesar)

 

Anda juga bisa memanfaatkan layanan DNS Manajemen Rumah Ilmu Indonesia di : http://rumahilmu.or.id/v1/node/246

Setelah saya setting MX entries di DNS saya, apa selanjutnya ?

Untuk ZCS Open Source Edition anda tidak mendapatkan fasilitas pembuatan email sendiri. Untuk itu anda bisa meminta bantuan Technical Support Rumah Ilmu Indonesia di https://order.rumahilmu.or.id untuk dibuatkan akun email @namadomainanda - anda akan mendapatkan email yang berisi password untuk mengakses email anda pertama kali. Password ini diwajibkan untuk dirubah disaat pertama akses ke mailbox.

Bagaimana saya mengakses email saya via web ?

Anda dapat mengakses email anda via web lewat URL https://mailbox.rumahilmu.or.id -

Ketikkan alamat email anda lengkap, misalnya contoh@domainanda.com - dan isikan password yang diberikan oleh Technical Support kepada anda. Jika benar, maka anda akan masuk ke halaman email anda

Dan anda pun dapat mulai beraktifitas dengan email anda.

Saya ingin menggunakan alamat https://email.domainsaya.com untuk akses akun-akun @domainsaya bukan lagi via https://mailbox.rumahilmu.or.id, bisakah ?

Bisa. Rumah Ilmu Indonesia juga menyediakan layanan SSL domain yang bisa anda peroleh hanya dengan Rp. 200.000,- tahun sehingga anda bisa mengakses email-email anda via alamat yang anda inginkan (Top Level Domain seperti https://mailgue.com atau SubDomain seperti https://webmail.mailgue.com)

Saya ingin memiliki mailbox sendiri yang terintegrasi dengan arsitektur Zimbra Collaboration Suite Rumah Ilmu Indonesia, Bisakah ?

Bisa. Anda bisa menyewa VPS atau Dedicated Server untuk mailbox Zimbra anda. VPS ini akan difungsikan menjadi mailbox anda sendiri. Anda tidak perlu menset LDAP dan MTA  karena sudah menggunakan LDAP dan MTA yang ada di arsitektur ZCS Rumah Ilmu Indonesia.

Jumlah dan kapasitas VPS atau Dedicated Server anda dapat ditambah kapan saja dan berapa saja. Bahkan anda bisa mengintegrasikannya dengan VPS atau Dedicated Server untuk layanan Backup Data, Cloud Storage dll.

Anda juga dapat menggunakan ZCS Network Edition jika dirasakan perlu untuk memenuhi kebutuhan anda.

Untuk layanan-layanan tersebut silahkan kontak kami langsung di info@rumahilmu.co.id



2008 - 2013 Yayasan Rumah Ilmu Indonesia