You are here

CDN : Buat Web Anda Lebih cepat Diakses dengan CDN di 20 Titik Data Centre

Assalamu alaikum warahmatullah,

Anda mungkin pernah bertanya membuat situs-situs besar seperti facebook.com, youtube.com dan lain-lain dapat diakses lebih cepat, padahal secara teknis server mereka berada di luar Indonesia.

Situs-situs tersebut menggunakan layanan Content Delivery Network (CDN) yang membuat konten situs mereka "disalin" ke server-server yang ada di berbagai penjuru dunia, sehingga saat kita mengakses, maka kita akan disodorkan server yang berada di posisi paling dekat dengan kita. Inilah yang menyebabkan situs tersebut terasa seakan-akan lebih cepat.

Kini, anda pun dapat membuat web anda menjadi lebih cepat diakses di berbagai penjuru dunia. Rumah Ilmu Indonesia menyediakan layanan Content Delivery Network (CDN) untuk website anda mulai dari Rp. 400.000,- (Empat Ratus Ribu Rupiah) per bulan [Harga Promo].

Adapun lokasi data center yang digunakan adalah sebagai berikut :

Data Centre Kota Status
Jerman
Frankfurt Tersedia
Spayol
Madrid Tersedia
Prancis
Paris Tersedia
Italia
Milan Tersedia
Belanda
Amsterdam Tersedia
Polandia
Warsawa Tersedia
Inggris
London Tersedia
Kanada
Toronto Tersedia
USA
Chicago Tersedia
USA
Dallas Tersedia
USA
Newyork Tersedia
USA
San José Tersedia
USA
Ashburn Tersedia
USA
Atlanta Tersedia
USA
Los Angeles Tersedia
USA
Miami Tersedia
USA
Seattle Tersedia
China
Hong Kong Tersedia
Jepang
Tokyo Tersedia
Singapura
Singapura Tersedia

Bagaimana CDN Bekerja ?

Pertama-tama anda kita akan menentukan bagian website mana saja yang akan kita caching ke CDN. Konten yang mau dicaching dapat apa saja (Gambar, HTML dll)

 

 

DNS server kemudian akan melakukan query. Dengan teknology anycast, pengunjung akan dibawa ke CDN POP dengan latensi waktu terkecil atau yang jaraknya terdekat dengan mereka. Contohnya jika mereka berada di Singapura, maka mereka akan diarahkan untuk mengakses POP CDN situs anda di Singapura.

 

Selanjutnya POP CDN akan berkomunikasi dengan server utama tempat website anda berada dalam 3 (tiga) cara :

1. Jika konten yang diminta oleh pengunjung belum ada di POP CDN maka POP CDN akan mengambilnya dari server utama lalu menyimpannya di POP CDN

2. Jika konten yang diminta oleh pengunjung ada di POP CDN maka konten akan ditampilkan dari POP CDN. Ini akan menghemat bandwidth dan waktu

3. Untuk konten yang diset tidak dicaching (terutama untuk konten-konten yang dinamik), maka pengunjung akan langsung mendapatkannya dari server utama tempat website anda berada.

Setiap masa TTL (Time To Live) habis, maka caching akan kembali dilakukan rutin dari server utama.

 

 

 

Tanpa CDN

Jika trafik web anda tinggi dan tidak menggunakan CDN, maka seluruh trafik akan masuk ke server utama. Ini dapat mengakibatkan beban server dan bandwidth menjadi tinggi, sehingga pengunjung bisa saja merasa lambat saat mengakses website anda

 



2008 - 2013 Yayasan Rumah Ilmu Indonesia